Studi: Diet Ala Jepang Terkait Risiko Depresi yang Lebih Rendah pada Usia Produktif

JABAR PASS – Konsumsi makanan tradisional Jepang seperti nasi, sup miso, ikan, dan sayuran matang dikaitkan dengan tingkat gejala depresi yang lebih rendah pada orang usia produktif. Hal ini terungkap dalam studi terbaru yang pertama kali dilakukan oleh Japan Institute for Health Security, seperti dikutip Kyodo, Sabtu.

Studi tersebut menyoroti manfaat pola makan khas Jepang yang mencakup produk kedelai, jamur, rumput laut, ikan, dan teh hijau. Versi modifikasi dari diet ini juga memasukkan buah, sayuran segar, serta produk susu.

Meski masih terbatasnya penelitian mengenai dampak langsung diet Jepang terhadap kesehatan mental, hasil ini selaras dengan temuan sebelumnya pada diet Mediterania, yang juga kaya sayuran, ikan, dan lemak sehat seperti minyak zaitun, yang diketahui berkaitan dengan penurunan risiko depresi.

“Masih diperlukan riset lanjutan, namun kami berharap temuan ini dapat menjadi dasar upaya pencegahan depresi, khususnya di lingkungan kerja,” tulis lembaga tersebut dalam siaran persnya.

Penelitian ini melibatkan 12.499 karyawan dari lima perusahaan, mayoritas laki-laki (88%) dengan usia rata-rata 42,5 tahun. Sebanyak 30,9 persen dari partisipan menunjukkan gejala depresi. Namun, kelompok yang menerapkan diet Jepang tercatat memiliki risiko gejala yang lebih rendah. Para peneliti juga mencoba mengeliminasi pengaruh faktor eksternal lainnya dalam analisis mereka.

Beberapa komponen dalam diet ini dinilai berperan dalam menjaga kesehatan mental. Rumput laut, produk kedelai, serta asam folat dalam sayuran dipercaya mendukung pelepasan neurotransmiter seperti serotonin dan dopamin. Sementara itu, ikan berlemak yang kaya omega-3 diketahui memiliki sifat anti-inflamasi yang turut mendukung fungsi otak dan suasana hati.

  • Berita Terkait

    Monte Equipment Tampil di IndoFest 2026, Siapkan Promo Carrier Bonus Hydropack

    JABAR PASS – Lagi, masih dari kota kembang Bandung. Monte Equipment merupakan brand outdoor sudah ada sejak tahun 2019 namun masih skala home industri Berawal dari produksi tas westbag dan…

    Harga Emas Antam 4 Juni 2026 Anjlok Rp15.000, Buyback Jadi Rp2,571 Juta

    JABAR PASS – Harga emas batangan PT Antam Tbk kembali mengalami penurunan pada perdagangan Kamis (4/6). Berdasarkan data yang dipantau dari laman Logam Mulia pada pukul 08.45 WIB, harga emas…

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Baca Juga

    Kota Bandung jadi Tuan Rumah Kejuaraan Tenis Meja ASEAN, 114 Atlet dari 6 Negara Siap Bertanding

    • June 11, 2026
    • 40 views
    Kota Bandung jadi Tuan Rumah Kejuaraan Tenis Meja ASEAN, 114 Atlet dari 6 Negara Siap Bertanding

    Harga Emas Antam Hari Ini Turun Rp24.000, Kini Dibanderol Rp2,689 Juta per Gram

    • June 11, 2026
    • 31 views
    Harga Emas Antam Hari Ini Turun Rp24.000, Kini Dibanderol Rp2,689 Juta per Gram

    Dinkes Perluas Layanan Psikolog Klinis di Puskesmas, Warga Diajak Manfaatkan Akses Konseling Sejak Dini

    • June 10, 2026
    • 58 views
    Dinkes Perluas Layanan Psikolog Klinis di Puskesmas, Warga Diajak Manfaatkan Akses Konseling Sejak Dini

    Harga Pangan Hari Ini: Cabai Rawit Merah Tembus Rp95.150 per Kg, Telur Ayam Rp32.050

    • June 10, 2026
    • 41 views
    Harga Pangan Hari Ini: Cabai Rawit Merah Tembus Rp95.150 per Kg, Telur Ayam Rp32.050

    Harga BBM BP dan Pertamina Naik Mulai 10 Juni 2026, Pertamax Tembus Rp16.250 per Liter

    • June 10, 2026
    • 47 views
    Harga BBM BP dan Pertamina Naik Mulai 10 Juni 2026, Pertamax Tembus Rp16.250 per Liter

    Harga Emas Antam Hari Ini Turun Rp20.000, Buyback Ikut Merosot Jadi Rp2,547 Juta per Gram

    • June 10, 2026
    • 42 views
    Harga Emas Antam Hari Ini Turun Rp20.000, Buyback Ikut Merosot Jadi Rp2,547 Juta per Gram